Cara Ampuh Mengatasi Diare Pada Anak 8 Bulan

Cara Mengatasi Sakit Diare
Cara Mengatasi Sakit Diare from ilmudewa.co

Apa Itu Diare?

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang mana anak akan mengalami buang air besar yang sering dan encer. Hal ini disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran pencernaan sehingga menimbulkan kerusakan pada mukosa usus dan menyebabkan lisis sel epitel usus. Diare yang terjadi pada anak 8 bulan dapat berupa diare akut atau diare persistent dan kedua diare tersebut memiliki tanda-tanda yang berbeda.

Tanda-Tanda Diare Akut Pada Anak 8 Bulan

Pada anak 8 bulan, diare akut ditandai dengan adanya buang air besar yang sering dan encer. Selain itu, anak juga dapat mengalami muntah-muntah dan demam yang disertai dengan gejala lainnya seperti rasa mual, lesu, hilang nafsu makan, atau bahkan ada yang mengalami kram perut. Jika anak mengalami diare akut, maka perlu adanya tindakan segera untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Diare Akut Pada Anak 8 Bulan

Cara paling ampuh dan aman untuk mengatasi diare akut pada anak 8 bulan adalah dengan memberikan cairan rehidrasi oral (Cairan Rehidrasi Oral/CRO). Cairan rehidrasi oral adalah larutan yang terbuat dari garam, gula, dan air yang membantu mengembalikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare. Cairan rehidrasi oral dapat dibeli di apotek atau dapat dibuat sendiri dengan cara mencampurkan 1/2 sendok teh garam dan 4 sendok teh gula dalam 1 liter air bersih.

Cara Mengatasi Diare Persistent Pada Anak 8 Bulan

Diare persistent adalah diare yang berlangsung lebih dari 2 minggu. Jika anak Anda mengalami diare persistent, maka dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu untuk mengatasi diare tersebut. Beberapa obat yang dapat diberikan untuk mengatasi diare persistent pada anak 8 bulan adalah loperamide, kaolin, atau bismuth subsalicylate. Selain itu, Anda juga harus memonitor makanan yang dikonsumsi oleh anak seperti makanan berlemak atau makanan berminyak. Jangan lupa juga untuk menjaga agar anak tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, dengan konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan, sayur, dan biji-bijian.

Cara Pencegahan Diare Pada Anak 8 Bulan

Untuk mencegah anak Anda mengalami diare, maka perlu adanya beberapa cara pencegahan. Cara yang pertama adalah dengan memastikan bahwa anak Anda mendapatkan asupan nutrisi yang cukup. Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa anak tidak mengonsumsi makanan yang tercemar atau yang sudah kedaluwarsa. Anda juga harus memastikan bahwa anak tetap menjaga kebersihan. Selain itu, Anda juga harus menjauhi anak dari lingkungan yang kotor dan berdebu.

Kapan Harus Berobat Ke Dokter?

Jika diare yang dialami anak 8 bulan berlangsung lebih dari 2 hari, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter. Selain itu, jika anak juga mengalami muntah-muntah, demam, atau makan yang berkurang, maka juga perlu segera berobat ke dokter. Doakter akan memeriksa kondisi anak dan memberikan tindakan yang sesuai untuk mengatasi diare yang dialami oleh anak.

Kesimpulan

Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang sering terjadi pada anak 8 bulan. Tanda-tanda utamanya adalah buang air besar yang sering dan encer. Cara ampuh dan aman untuk mengatasi diare akut pada anak 8 bulan adalah dengan memberikan cairan rehidrasi oral. Untuk mengatasi diare persistent pada anak 8 bulan, dokter akan meresepkan obat-obatan tertentu. Dan untuk mencegah anak mengalami diare, maka perlu adanya beberapa cara pencegahan seperti memastikan anak mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, memastikan anak tidak mengonsumsi makanan yang tercemar atau sudah kedaluwarsa, dan menjaga kebersihan. Jika anak mengalami diare yang berlangsung lebih dari 2 hari, maka Anda harus segera memeriksakannya ke dokter.

0 Response to "Cara Ampuh Mengatasi Diare Pada Anak 8 Bulan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel