Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Rumput Cuba Di Aquarium Bagi Pemula

Cara Menanam Rumput Cuba – Rumput cuba adalah salah satu jenis rumput yang umum ditanam di dalam akuarium. Nama latin rumpu kuba yaitu Hemianthus callitrichoides.


Rumput cuba ini mempunyai bentuk daun yang kecil dan berwarna hijau cerah. Biasanya jenis rumput cuba ini dipakai selaku flora foreground atau karpet.


Tanaman rumput cuba ini menjadi favorit para pecinta aquascape alasannya adalah selain memiliki bentuk yang indah dan cantik daunnya yang berukuran kecil akan tampakindah saat berkembang menyebar dan membentuk karpet pada bab dasar aquarium.


Untuk menanam cuba ini ada yang mengatakan mudah dan ada yang mengatakan sulit, nah kali ini kita akan membicarakan perihal cara tanam cuba di aquarium dengan metode emerseed dan perawatannya secara rinci. Berikut selengkapnya:


Baca Juga: Menanam Carpet Seed


Cara Menanam dan Merawat Rumput Cuba Bagi Pemula


Teknik Tanam Emerseed


Teknik penanaman emerseed yaitu perpaduan sistem menanam pada kondisi lembap dan kering. Metode penanam ini disebut juga DSM (Dry Start Methode) dimana penanaman rumput cuba dengan cara setengah di darat dan di air.


Keuntungan memakai sistem penanaman emerseed ini, diantaranya adalah:



  • Pertumbuhan tumbuhan rumput cuba akan lebih singkat.

  • Lebih besar lengan berkuasa kepada serangan alga

  • Tidak memerlukan perawatan intensif.


Kekurangan menggunakan tata cara penanaman emerseed adalah mesti melakukan pekerjaan sebanyak dua kali adalah menanam secara emerseed kemudian mengadaptasikannya kembali dengan ditanam dalam kondisi submersed atau lembap.


Persiapan Alat dan Bahan


Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melaksanakan penanaman rumput cuba, diantaranya:



  • Media tanam berupa pasir malang.

  • Pupuk dasar.

  • Bibit rumput cuba sebanyak satu lempeng seharga 15.000.

  • Nampan atau baki, selain itu bisa juga wadah bekas yang bentuknya persegi dengan bagian bawah yang tertutup.

  • Alat penyemprot atau sprayer.

  • Lampu bohlam 5 watt.


Baca Juga : Budidaya Anubias Metode Aquatik


Pembuatan Media Tanam Rumput Cuba


Pembuatan media tanam rumput cuba gampang adalah dengan mencampurkan pasir malang dan pupuk dasar, lalu aduk hingga merata dan tambahkan sedikit air sampai media tumbuhan lembab dan basah. Selanjutnya, masukkan media tanam yang sudah dibentuk tersebut kedalam wadah nampan dengan ketebalan 5 cm. Pastikan permukaan media tanam rata dan halus.


Cara Menanam Rumput Cuba


Sebelum melakukan penanaman, apalagi dulu lempeng bibit rumput cuba dibersihkan dari tanah yang menyangkut sehingga bab akar tumbuhan akan kelihatan. Jika sudah, bagi bibit tersebut tadi kedalam bagian bab kecil dengan ukuran panjang kali lebar kurang lebih 1,5×1,5 cm. Selanjutnya, tanamkan rumput kebagian permukaan media pasir malang dengan jarak 2 x 2 cm antar tumbuhan. Pastikan bagian akar tumbuhan tertimbun dibawah permukaan media sedangkan bab daun tetap berada pada permukaan media tanam.


Cara Merawat Rumput Cuba


Agar flora rumput cuba mampu berkembang optimal, segar dan hijau maka kerjakan perawatan secara berkala . Adapun perawatan yang perlu dilakukan pada flora rumput cuba, diantaranya yakni:


Baca Juga : Menanam Hairgrass


Mengingat di habitat aslinya rumput cuba mampu tumbuh dalam air maka pasirnya rumput ini membutuhkan air dalam jumlah banyak. Lakukan penyiraman secara rutin untuk mempertahankan kelembaban media dan juga flora, sehingga rumput cuba tidak akan mengalami kekeringan atau kehilangan cairan tubuh. Sebaiknya penyiraman dijalankan dengan memakai sprayer untuk menyingkir dari terlampau banyak menyiramkan air serta juga untuk menyingkir dari agar media tanam tidak tergenang.


Untuk menangkal penguapan berlebih maka pada bab atas diberikan epilog. Hal ini bertujuan untuk menjaga media tanam tetap dalam keadaan lembab sehingga tumbuhan akan tetap terjaga kelembabannya dan membuat kondisi media tetap berair sehingga flora tidak mengalami kehilangan cairan tubuh dan kekeringan. Terlebih lagi tumbuhan rumput cuba memerlukan keadaan kelembaban sungguh tinggi.


Agar keperluan nutrisi yang diharapkan untuk tumbuh rumput cuba terpenuhi, lakukan pemupukan dengan menggunakan jenis pupuk mengandung nitrogen atau pupuk anorganik seperti pupuk urea. Selain itu, untuk memaksimalkan kemajuan rumput cuba maka diharapkan pencahayaan yang optimal. Maka letakkan flora rumput cuba pada tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Akan tetapi, akan lebih baik kalau menggunakan aksesori lampu bohlam berwarna kuning berukuran 5 watt. Pencahayaan yang maksimal akan menolong rumput cuba untuk berkembang makin hijau dan segar.


Demikian pembahasan tentang menanam dan merawat rumput cuba untuk tumbuhan akuarium, semoga berfaedah.


0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menanam Dan Merawat Rumput Cuba Di Aquarium Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel