Panduan Lengkap Cara Menanam Padi Cigeulis Bagi Pemula Supaya Hasil Panen Melimpah

Panduan Lengkap Cara Menanam Padi Cigeulis Bagi Pemula Agar Hasil Panen Melimpah – Padi cigeulis ialah jenis padi dari persilangan jenis padi cikapundung. Keunggulan padi cigeulis selain tahan kepada hama dan penyakit serta cuaca, jenis padi ini mempunyai memiliki potensi hasil panen tinggi. Perlu dimengerti pula bahwa nasi yang dihasilkan oleh padi cigeulis sungguh pulen dan yummy.


Padi cigeulis dapat ditanam di dataran rendah maupun dataran tinggi. Agar hasil panen berkualitas serta berkuantitas tinggi, menanam padi cigeulis tidak bisa sembarang pilih. Nah kali ini kita akan membahas perihal cara budidaya padi cigeulis dan perawatannya bagi pemula biar hasil panen melimpah, berikut selengkapnya:


Cara Menanam Padi Cigeulis Bagi Pemula


Cara Menyemai Benih Padi Cigeulis


Untuk menyemai benih padi cigeulis, maka harus siapkan media semai apalagi dahulu. Untuk menyemai benih bisa memakai tray semai maupun menggunakan tanah pribadi. Setelah lahan semai siap, berikutnya kerjakan pembajakan terhadap lahan semai sebanyak 3 kali. Setelah itu ukur pH tanah, jika pH tanah di bawah 6 maka maka perlu dilaksanakan proses pengapuran.


Lakukan pula pemupukan pada lahan semai menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan antara tanah dan pupuk sebanyak 3 : 1. Setelah itu, tebarkan benih secara merata, sebelum disemai tentukan ciri benih telah mempunyai akar dan telah direndam selama 2 malam. Biarkan benih tumbuh hingga memiliki daun berjumlah 4 helai untuk dipindahtanamkan.


Baca Juga : Cara Menanam Padi Cibogo


Pengolahan Sawah Padi Cigeulis


Pertama, kerjakan pencucian sawah terkait dengan gulma, rumput liar serta sisa akar dan batang padi sebelumnya. Jadikan satu di sudut sawah anda dan bakar hingga menjadi debu.


Langkah selanjutnya yakni pembajakan dengan sedikit mengairi sawah semoga tekstur tanah menjadi lebih lembek dan gembur. Lakukan pembajakan sebanyak 3 kali sembari anda mengukur pH tanah, pH tanah yang bagus untuk menanam padi cigeulis yaitu sekitar 6 sampai 8, jikalau pH tanah terlalu asam sembari membajag anda juga mampu melaksanakan pengapuran. Lakukan juga pemupukan awal memakai pupuk urea dan pupuk sangkar untuk memperbesar kandungan nutrisi tanah dengan perbandingan 2 : 1.


Baca Juga : Cara Menanam Padi Sembada 626


Penanaman Bibit Padi Cigeulis


Setelah bibit padi berusia 15 hari dengan helai daun sebanyak 4 maka saatnya bibit siap untuk dipindahkan. Pindahkan bibit padi ke dalam lahan tanam dengan memisahkannya apalagi dulu dengan media semai. Setelah itu, buatlah lubang tanam. Penanaman padi cigeulis mampu dengan contoh tunggal maupun ganda dengan setiap lubang ditanami 2-3 bibit padi cigeulis.


Perawatan Tanaman Padi Cigeulis


Lakukan pemupukan secara berkala dan sesuai dengan takaran tergantung luas lahan tanam. Pemupukan bisa dilaksanakan sebanyak 3-4 tahap dengan jenis pupuk berlawanan di setiap tahapnya.


Baca Juga : Budidaya Padi Gogo


Selain itu, kerjakan penyiangan setiap 3 minggu sekali diawali pada saat tanaman padi cigeulis berumur 3 ahad pertama sesudah kurun tanam. Lakukan pula penyiangan penting dikerjakan utamanya menghilangkan rumput dan gulma di sekeliling sawah alasannya tumbuhan gulma maupun rumput bisa merusak produktivitas tumbuhan padi cigeulis.


Demikian penjelasan perihal cara budidaya padi varietas cigeulis, biar berfaedah.


0 Response to "Panduan Lengkap Cara Menanam Padi Cigeulis Bagi Pemula Supaya Hasil Panen Melimpah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel