Tutorial Lengkap Cara Menanam Padi Ciberes Bagi Pemula Supaya Hasil Panen Melimpah

Panduan Lengkap Cara Menanam Padi Ciberes Bagi Pemula Agar Hasil Panen Melimpah – Padi ciberes merupakan salah satu jenis padi dengan benih unggulan potensial hasil 14 ton per hektarnya. Adapun jumlah bulir per melainya yakni mencapai 700 bulir dan menjadikan varietas padi ciberes ini menjadi verietas padi unggulan.


Keunggulan padi ciberes itu yaitu memiliki keunggulan dalam ketahanan kepada hama dan penyakit tanaman padi, sehingga para petani yang menanam padi ciberes tidak akan mengalami kerugian. Tekstur nasi padi ciberes juga pulen dan sedikit lembut.


Baca Juga : Menanam Padi Cigeulis


Cara Menanam Padi Ciberes Bagi Pemula


Persiapan Lahan Tanam Padi Ciberes


Pengolahan lahan tanam dilaksanakan tepatnya 2 minggu sebelum kurun tanam. Bersihkan sawah anda apalagi dahulu dari sisa penanaman padi sebelumnya dan dari gulma maupun rumput, setelah itu kumpulkan jadi satu dan bakar.


Kemudian, bajak sawah sebanyak 3 kali dan ukur pH sawah, pH yang bagus untuk menanam padi ciberes ialah sebesar 6.5-8. Lakukan pengapuran kalau pH tanah terlalu asam.


Sembari membajak, lakukan juga pemupukan permulaan untuk mengembalikan nutrisi tanah dan lakukan juga pertolongan kuman karena bibit padi ciberes sungguh suka dengan tanah bertekstur gembur dan bernutrisi.


Baca Juga : Cara Menanam Padi Cibogo


Persiapan Benih Padi Ciberes


Pilihlah benih unggulan bermutu dengan melakukan uji kelayakan tanam. Rendam benih padi pada air selama 12 jam dan tiriskan lalu buanglah benih yang mengapung alasannya tidak layak tanam. Setelah itu rendam padi selama 2 malam untuk menumbuhkan akarnya.


Persemaian Benih Padi Ciberes


Setelah direndam 2 hari, semai bibit padi ciberes. Persemaian padi ciberes diawali dengan menciptakan media semai, mampu menggunakan tray semai maupun di tanah secara eksklusif.


Setelah merencanakan tray semai maupun lahan semai, kerjakan pengolahan lahan semai dengan mempersiapkan tanah yang diaduk dengan pupuk sangkar dan sedikit sekam dengan perbandingan 3 : 1 lalu airi media semai setinggi 1 cm dan tebarkan benih padi pada lahan semai. Setelah itu lakukan perawatan mirip mengawasi kondisi air dan kemajuan rumput di sekeliling media tanam hingga benih berusia kurang lebih 15 hari.


Baca Juga : Cara Menanam Padi Sembada 626


Penanaman Bibit Padi Ciberes


Jika benih yang ditanam telah berusia 15 hari berarti benih sudah menjadi bibit siap tanam. Berikut cara menanam padi ciberes dengan sempurna semoga pertumbuhannya baik, diantaranya:


Pertama, pisahkan bibit dari media semai secara perlahan apalagi dulu dan tentukan akarnya tidak rusak. Penanaman mampu dilaksanakan dengan tata cara tanam tunggal maupun ganda dan tancapkan bibit padi pada lahan sawah, untuk satu lubang tanam bisa diisi 1-2 bibit padi.


Lakukan penanaman bibit padi dengan kedalaman lubang tanam sedalam 2 cm dan dengan posisi akar membentuk aksara L.


Cara Merawat Padi Ciberes


Jangan lupa untuk selalu mengamati lahan tanam, setiap 3 ahad sekali mulai dari 3 minggu pertama harus dijalankan penyiangan gulma dan rumput di sekitar sawah. Selain itu, bersihkan juga jalan masuk air sawah dari tanaman air dan sampah yang menggenang alasannya adalah ini sangat berbahaya bagi tumbuhan padi.


Baca Juga : Budidaya Padi Gogo


Lakukan pemupukan lanjutan mesti sesuai takaran yang dibutuhkan padi selama 3 tahap sehabis pemupukan permulaan. Untuk tahap pertama, berikan pupuk urea dan TSP dengan perbandingan 2 : 1

Untuk pemupukan tahap 2 anda bisa memperlihatkan pupuk urea dan phonska dengan perbandingan 1 : 2. Dan untuk tahap ke tiga ialah tahap terakhir, anda bisa memberikan pupuk urea dan Za dengan perbandingan 1 : 1.


Selain itu perlu mengatasi hama dan penyakit tanaman padi ciberes. Meski padi ciberes tahan hama, setiap 7 hari sekali lakukanlah penyemprotan pestisida untuk menolong tanaman padi terlindung dari hama serangga. Sebaiknya tidak membunuh ular sawah karena ular merupakan salah satu pembasmi hama tikus secara alami.


Demikian pembahasan perihal cara budidaya padi ciberes dan perawatannya semoga bermanfaat.


0 Response to "Tutorial Lengkap Cara Menanam Padi Ciberes Bagi Pemula Supaya Hasil Panen Melimpah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel