Kiat Menentukan Hosting Untuk Website


Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan secara cermat jikalau ingin memindahkan website usang dari blogspot ke WordPress atau hendak membangun website baru adalah menentukan hosting.





Daftar Tulisan


Memilih hosting





Kenapa memilih hosting itu penting?





Coba kita analogikan Memilih hosting itu dengan seseorang yang sedang menentukan kendaraan kerja.
Tentu banyak faktor yang perlu diamati, mulai dari kecepatan, space ruangan, desain, suport/services center, embel-embel dan lain sebagainya.





Sama saja dengan hosting makin baik mutu hosting yang dipilih juga akan kian baik performa situs terhadap mesin penelusuran dan tentu saja elok juga untuk hadirin kamu.





Pertimbangan Dalam menentukan hosting





jikalau anda Mencari Hosting berikut yakni hal yang wajib menjadi pertimbangan kamu:





Kecepatan





Kecepatan merupakan faktor utama yang mesti kita fikirkan dalam menentukan hosting, ini berkaitan erat dengan SEO, jangan berharap kamu mampu berkompetisi dengan situs besar atau muncul di penelusuran teratas Google Search kalau web kau saja harus bersusah payah cuma untuk bisa diakses oleh pengguna, disamping itu Kecepatan juga mempengaruhi user experience (UX), makin cepat web diakses kian baik juga untuk pengguna, kian lama pasti akan menciptakan pengunjung bosan dalam menanti bahkan mampu jadi akan meninggalkan situs web kau karena tulisan yang tidak kunjung ditampilkan atau konten-konten yang tidak kunjung terbuka.





Space Yang disediakan hosting





Sebenarnya untuk space atau ukuran hosting itu bisa diadaptasi dengan kebutuhan, jika kau blogger pemula dan hanya mempunyai beberapa konten postingan mungkin tidak terlampau membutuhkan Space hosting yang besar, namun beda ceritanya kalau web kau cukup besar atau kau bermaksud mengelola situs web kamu dengan serius tentu saja konten yang dimiliki juga kian hari kian kian banyak, untuk itu perlu mencari hosting yang menunjukkan space yang besar juga perlu diperhitungkan.





Apa gunanya Space hosting?





Space hosting ini nantinya berguna untuk menyimpan data-data website kamu seperti tema, plug in, postingan, media baik itu berupa foto video suara MP3, dan lain-lain.





Kemampuan Akses Situs/Visitors





Tahukah kau selain space hosting hal yang nggak kalah penting jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih hosting yaitu kesanggupan kanal situs, yang dimaksud dengan kemampuan ini yaitu jumlah user yang dapat di tangani oleh hosting dalam satu waktu. Karena kian banyak jumlah user yang mengakses web kita secara serempak pastinya kerja hosting juga akan makin berat, Nah ketidak mampuan hosting mengatasi pengunjung ini nantinya menyebabkan website kamu down.





Down sering terjadi khususnya jikalau kamu menggunakan shared hosting biasa, yang mana semua sumberdaya hosting akan dibagi bersama dengan beberapa user yang menyewa hosting.
Dan demi menangkal 1 user menghabiskan sumber daya hosting lebih besar ketimbang user lainnya lazimnya pihak penyedia hosting akan membatasi jumlah visitor yang dapat mengakses web kita secara berbarengan.
Masalah ini tidak akan kamu jumpai bila pengunjung kau baru puluhan, tetapi beda ceritanya jikalau visitor kau sudah masuk ke angka ratusan atau puluhan ribu.





untuk itu shared hosting masih saya rekomendasikan untuk pengguna baru. alasannya nanti akan kita bahas lebih dalam, lanjutkan membaca ya..





Support dari penyuplaihosting





Sebagai pengguna hosting apalagi yang awam mirip aku. Biasa nanti kita akan sering menemui kendala selama menggunakan suatu hosting, disinilah peran customer servis itu sungguh diperlukan, carilah penyedia hosting yang bertanggung jawab, mau menolong jika kamu kesusahan dan juga menunjukkan penyelesaian bila kamu menemui kendala yang bekerjasama dengan situs web kau.





Untuk itu saya sungguh mengusulkan kamu mencari hosting hanya dari penyedia yang memiliki nama dan reputasi yang bagus dan juga bertanggung jawab.





Jangan sampai menyesal mencampakkan uang cuma dengan usulanpaket hosting yang ditawarkan lebih murah.





Tapi gres digunakan sebulan atau dua bulan website kau telah sering down atau bahkan tidak mampu diakses sama sekali. Tentu lebih rugi kan dan juga hal ini akan mempunyai efek negatif loh terhadap situs web yang kau kelola di mesin pencarian.





jika hosting di Indonesia sebetulnya ada banyak tetapi yang pernah saya coba dan lumayan bagus pelayanan nya domainesia, disamping itu juga harga domain dan hosting disana lebih terjangkau, cek aja ini link nya hosting dan domain murah domainesia





Memilih menurut jenis Hosting yang ditawarkan





Secara biasa kita dapat membagi paket hosting itu menjadi tiga jenis, itu shared hosting, cloud hosting dan juga vps.





Apa perbedaan Shared Hosting, Cloud Hosting dan VPS?





Mungkin klarifikasi ini akan panjang dan sangat membosankan untuk itu aku sarankan kau merencanakan kopi dan cemilan, sebelum membaca perbedaan Shared, Cloud dan vps. Tapi aku akan coba jabarkan dengan rincian dan biar nggak ada poin yang terlalaikan. Berikut perbedaan nya:





Shared hosting





Seperti namanya shared hosting (membuatkan hosting) ialah suatu paket hosting yang disediakan dengan sistem mengembangkan pakai, maksudnya sumber daya yang disediakan oleh paket hosting itu lazimnya dibagi dengan jumlah penyewa, misalkan suatu hosting disewa oleh 4 pengguna, maka sumber daya yang dimiliki penyuplaihosting ya akan dibagi terhadap empat orang pengguna. Jadi sumber dayanya seluruhnya digunakan secara gotong royong, bila salah satu situs web berlebihan dalam memakai sumber daya yang ada maka situs web lainnya juga akan mengalami pengaruh penurunan performa.





Cara mudahnya kamu mampu bayangkan suatu komputer bertambah banyak program yang kamu buka dalam waktu yang bersamaan pastinya komputer yang kamu miliki akan menjadi makin lelet.





Atau pola lainnya kamu tinggal dikosan bareng 4 orang teman kau, kamar mandi satu, jikalau mau mandi kan gantian tu, jadi ya pasti lebih usang. Nah hal-hal macam gini ini juga terjadi pada shared hosting.





Tapi jangan kawatir, mirip yang saya singgung di atas, hal hal mirip penurunan penampilan tidak akan kelihatan bila visitor kau belum terlalu membludak.





Oh iya shared hosting ini mempunyai Kelebihan yang nggak dimiliki jenis hosting yang lain, ialah harganya murah dan sungguh terjangkau.





Dibandingkan dengan paket hosting yang yang lain. Untuk itu paket ini Sangat Cocok digunakan untuk kau yang baru mengawali menciptakan situs web.





Cloud hosting





Cloud hosting ialah penyempurnaan dari shared hosting, jika shared hosting menggunakan resources dan digunakan secara bersama-sama, cloud hosting menunjukkan beberapa servers yang bekerja secara bersamaan dan saling membackup apabila ada satu server yang down atau mati maka secara otomatis server lain akan menggantikan kerja server yang mati tersebut sehingga website kalian tetap melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya. Nah beberapa servers yang bekerja secara bersamaan ini kemudian biasa disebut dengan perumpamaan cluster.





Kelebihan utama dari memakai Cloud hosting ialah resources yang kau miliki mampu secara otomatis ditambah atau dikurangi sesuai dengan keperluan.





Mungkin kalau kita istilahkan cara kerja Cloud hosting ini sama seperti metode ojek online saat pelanggan memerlukan jasa sistem otomatis akan memberi perintah pada driver yang memang sedang tersedia. Bedanya bila di cloudhosting anda mungkin berlangsung di server lain apabila server utama penuh menampung visitor dan mungkin juga akan kembali memakai server utama yang umum melayani apabila sudah siap kembali.





ungkapan lain yang tepat adalah pengiapan, biasanya mereka punya banyak kamar dan kamar mandi bila salah satu kamar telah dihuni anda akan diberikan kamar pengganti dan nggak perlu lagi antri kamar mandi karena ada cukup banyak kamar mandi cadangan jika misal yang satu sedang dipakai.





Berikut keunggulan Cloud hosting dibandingkan dengan shared hosting biasa:





  • Jarang terjadi down, alasannya adalah sudah diterangkan dianaloginya kan!
  • Semua kerja tata cara ini dilaksanakan otomatis jadi anda tidak perlu melakukan apa-apa. ?




Kekurangan Cloud hosting harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Mungkin Cocok dipakai oleh blogger yang memang telah menghasilkan.





Virtual Private Server (VPS)





memilih hosting
ilustrasi VPS




Virtual private server mampu diartikan juga sebagai server pribadi virtual.





Meskipun namanya virtual, VPS resourcenya tetap dari server fisik, yang lalu dia dibagi kedalam beberapa server virtual yang berlangsung seperti dedicated server.





Kelebihan VPS Apa?





  • Merdeka sumber daya, sebab disaat Anda memakai VPS sumber daya yang ditawarkan vps tersebut hanya akan dipakai oleh anda sendiri jadi tidak sistem menyebarkan mirip shared hosting dan juga Cloud hosting. KEREN KAN?
  • Performa yang kita dapatkan pure penggunaan kita sendiri dan tidak terpengaruh oleh pengguna lainnya.
  • Rasanya atau analogi yang tepat mungkin sama mirip kita mempunyai rumah sendiri ya, kita bebas melaksanakan apa saja dengan Hosting anda.
  • Memungkinkan untuk mengakses ke root tata cara dan melaksanakan adaptasi yang tidak bisa dilaksanakan jikalau kamu memakai hosting biasa. TAPI…




Ada juga Kekurangan Vps!





  • Sayangnya saking bebasnya bisa menjadi kekurangan juga pada vps karena disini kita mesti mengorganisir hosting sendiri, termasuk melakukan perbaikan bila terjadi kerusakan.
  • Memerlukan pengetahuan lebih dalam terkait dengan server dan tata cara operasi pada hosting yang dipakai.
  • Harga lazimnya lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting dan cloud hosting.




Jadi Pilih yang mana Shared, Cloud atau VPS?





Sebenarnya untuk keputusan menentukan shared hosting, Cloud hosting ataupun VPS dikembalikan lagi kepada keperluan dan tujuan kita membangun blog atau situs web apa..





Shared Hosting





Kalau kamu pemula seperti aku dan gres ingin mengawali membangun sebuah situs web belum mempunyai visitor dan juga artikel belum terlampau banyak maka shared hosting merupakan pilihan yang bijak terlebih bila blog belum menciptakan, toh nanti mampu di upgrade, ya kan?? ?





Cloud hosting





Cocok untuk blog yang sudah menciptakan, mempunyai visitor, dan memang membutuhkan pelayanan yang lebih baik ketimbang shared hosting biasa.





VPS





VPS Jika dirasa memang shared hosting dan cloud hosting telah tidak dapat memenuhi kebutuhan layanan hosting kita, maka ini saat yang sempurna untuk menjajal VPS.
VPS juga cocok untuk kamu yang memang kepincut ingin mempelajari lebih jauh tentang hosting atau ingin mencoba pengalaman gres yang lebih menantang.?





Oh iya jika hanya ingin coba coba misal instal os dan melakukan wordpress di vps beberapa penyedia hosting menawarkan trial 1 bulan untuk uji coba vps.





Oke mungkin itu saja yang bisa aku bagikan, mohon maaf kalu aku ada kesalahan, temen temen boleh kasih kritik dan saran dikolom komen dibawah, terimakasih telah membaca. hingga jumpa!


0 Response to "Kiat Menentukan Hosting Untuk Website"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel