Sumber Daya Alam, Jenis, Manfaat Dan Pengelolaan


Sumber daya alam ialah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan dan dikontrol oleh insan dalam rangka menyanggupi keperluan hidup.





Daftar Tulisan


Bijak dalam mengurus sumber daya alam





Kita tahu Indonesia mempunyai berbagai sumber daya alam yang melimpah, tetapi kita tetap mesti bisa memanfaatkan dan juga mengelola nya secara bijak untuk memutuskan biar sumber daya alam yang kita miliki tidak habis dan terbuang tidak berguna.





Jenis Sumber daya alam





Berdasarkan sifatnya sumber daya alam dikelompokkan menjadi dua ialah:





Sumber daya alam yang mampu diperbarui





yaitu sumber daya alam yang tidak akan habis dan senantiasa tersedia.





Ciri-cirinya sumber daya alam yang dapat diperbaharui yakni dapat dikembangbiakan dan juga mampu ditanam ulang serta mempunyai keturunan. Biasanya sumber daya alam yang mampu diperbaharui berasal dari binatang dan juga tanaman. Sinar matahari gelombang laut, angin dan air juga terus diperbarui oleh alam dan tidak pernah habis sehingga masuk ke sumber daya alam yang dapat diperbarui.





Sumber daya alam yang tidak mampu diperbarui





merupakan sumber daya alam yang ketersediaannya terbatas dan tidak mampu dibentuk atau dibentuk lagi sehabis habis. misalnya yaitu minyak, batubara, logam dan gas bumi. Sumber daya alam ini lazimnya memiliki harga yang mahal.





Pemanfaatan sumber daya alam





Kita dapat memanfaatkan sumber daya alam dengan banyak cara, misalnya selaku berikut:





  • Sumber pangan, pangan yakni keperluan utama insan tanpa pangan manusia tidak akan mampu bertahan hidup, pola sumber pangan yakni daging sapi, ayam, ikan, telur, padi, ubi-ubian, sayur-sayuran dan masih banyak lagi.
  • Sumber sandang, adalah sumber yang dipakai sebagai materi utama untuk membuat pakaian contohnya kapas untuk benang dan busana, wol dari bulu domba, sutra dari ulat sutra.
  • Sumber papan, papan disini bantu-membantu yaitu kiasan untuk menggambarkan penggunaan sumber daya alam untuk keperluan insan dalam hal tempat tinggal tergolong Perkakas rumah tangga contohnya kayu untuk membuat lemari, meja bangku dan lain-lain.
  • Produk kesehatan, sumber daya juga dibentuk untuk menciptakan berbagai produk kesehatan, misalnya kunyit, temulawak, jahe untuk membuat jamu dan obat obatan.
  • Bahan bakar, sumber daya alam yang dimanfaatkan untuk bahan bakar contohnya bensin untuk membangkitkan mesin kendaraan, solar untuk materi bakar diesel, dan masih banyak lagi.
  • Sumber materi bangunan, sumber daya alam juga mampu menciptakan sumber bahan bangunan mirip watu, pasir, tanah dan masih banyak lagi sumber daya lainnya.




Pembagian sumber daya alam berdasarkan manfaatnya





Kita mampu membagi sumber daya alam berdasarkan keuntungannya, menjadi:





  • Sumber daya alam untuk menciptakan energi, misalnya matahari, angin, gas bumi, atau gelombang maritim.
  • Sumber daya alam yang menciptakan materi baku misalnya hutan, tanah dan juga lautan.
  • Sumber daya alam untuk rekreasi misalnya pemandangan alam, kawasan rekreasi pantai, gunung dan lain-lain.




Pembagian sumber daya alam menurut jenisnya





Sumber Daya Alam
Sapi dan PLTA




Berdasarkan jenis sumber daya alam terbagi menjadi:





  • Sumber daya alam hayati, yaitu sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. contohnya seperti binatang tanaman dan atau mikroorganisme.
  • Sumber daya alam non hayati, adalah sumber daya alam yang bukan berasal dari makhluk hidup contohnya batubara, udara, sinar matahari, air dan lain sebagainya.




Kenapa mesti Memanfaatkan Sumber daya alam dengan Bijak





Meskipun sumber daya alam kita sangat melimpah kita harus tetap bijak memanfaatkannya, alasannya adalah kalau tidak diatur dengan baik dan digunakan secara berlebihan, pengambilan sumber daya alam yang berlebih bisa merusak lingkungan dan juga mengusik kelancaran makhluk hidup yang lain serta bisa mengakibatkan kepunahan. peristiwa dan perubahan iklim merupakan bukti kasatmata bahaya pengambilan dan penggunaan sumber daya alam secara berlebihan.





minyak tidak mampu diperbaharui





Kita harus belajar menghemat dalam memakai sumber daya alam yang terbatas dan tidak mampu diperbaharui mirip minyak. Hal ini untuk menjamin ketersediaan nya sampai anak cucu kita. pemborosan akan mempercepat sumber daya ini cepat habis.





Mungkin itu aja artikel kali ini supaya berfaedah dan hingga jumpa di goresan pena selanjutnya


0 Response to "Sumber Daya Alam, Jenis, Manfaat Dan Pengelolaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel